EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI LAJU REAKSI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGINDUKSI DAN MEMPERTIMBANGKAN HASIL INDUKSI

I Wayan Kartawan, I GEDE HERMAWAN (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI LAJU REAKSI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGINDUKSI DAN MEMPERTIMBANGKAN HASIL INDUKSI. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
2. COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
1. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
3. PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (7Mb) | Preview
[img]
Preview
Text
5. PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (5Mb) | Preview
[img]
Preview
Text
10. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (33Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (65Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1100Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14Kb) | Preview
[img] Archive
3. LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (9Mb)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving pada materi laju reaksi dalam meningkatkan keterampilan menginduksi dan mempertimbangkan hasil induksi yang meliputi keterampilan menarik kesimpulan sesuai fakta dan menarik kesimpulan dari hasil menyelidiki. Efektivitas model pembelajaran problem solving diukur dengan perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 7 Bandar Lampung semester ganjil tahun ajaran 2012-2013 dengan kelas XI IPA1 dan kelas XI IPA3 sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-Gain keterampilan menarik kesimpulan sesuai fakta untuk kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu 0,38 dan 0,56; serta rata-rata n-Gain keterampilan menarik kesimpulan dari hasil menyelidiki untuk kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu 0,44 dan 0,67. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem solving efektif dalam meningkatkan keterampilan menginduksi dan mempertimbangkan hasil induksi yang meliputi keterampilan menarik kesimpulan sesuai fakta dan menarik kesimpulan dari hasil menyelidiki pada materi laju reaksi. Kata kunci : keterampilan menarik kesimpulan sesuai fakta, keterampilan menarik kesimpulan dari hasil menyelidiki, model pembelajaran problem solving

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 08 Jan 2014 07:19
Last Modified: 08 Jan 2014 07:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/254

Actions (login required)

View Item View Item