I Wayan Kartawan, I GEDE HERMAWAN (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI LAJU REAKSI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGINDUKSI DAN MEMPERTIMBANGKAN HASIL INDUKSI. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
2. COVER DALAM.pdf - Published Version Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (7Mb) | Preview |
|
|
File PDF
5. PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (5Mb) | Preview |
|
|
File PDF
10. DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (33Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (65Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1100Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (14Kb) | Preview |
|
Archive
3. LAMPIRAN.zip - Published Version Download (9Mb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving pada materi laju reaksi dalam meningkatkan keterampilan menginduksi dan mempertimbangkan hasil induksi yang meliputi keterampilan menarik kesimpulan sesuai fakta dan menarik kesimpulan dari hasil menyelidiki. Efektivitas model pembelajaran problem solving diukur dengan perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 7 Bandar Lampung semester ganjil tahun ajaran 2012-2013 dengan kelas XI IPA1 dan kelas XI IPA3 sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-Gain keterampilan menarik kesimpulan sesuai fakta untuk kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu 0,38 dan 0,56; serta rata-rata n-Gain keterampilan menarik kesimpulan dari hasil menyelidiki untuk kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu 0,44 dan 0,67. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem solving efektif dalam meningkatkan keterampilan menginduksi dan mempertimbangkan hasil induksi yang meliputi keterampilan menarik kesimpulan sesuai fakta dan menarik kesimpulan dari hasil menyelidiki pada materi laju reaksi. Kata kunci : keterampilan menarik kesimpulan sesuai fakta, keterampilan menarik kesimpulan dari hasil menyelidiki, model pembelajaran problem solving
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > QD Chemistry |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 08 Jan 2014 07:19 |
Terakhir diubah: | 08 Jan 2014 07:19 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/254 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |