PENGEMBANGAN MEDIA SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE

Nia Rachmawati, 1423021040 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (6Mb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3904Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan(Research and Development) yang bertujuan mengembangkan media pembelajaran yaitu media scaffolding dalam memfasilitasi siswa untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa pada model pembelajaran SSCS (search, solve, create and share). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kotabumi tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 36 siswa. Desain yang digunakan adalah One Group Pre-test Pos-test Design dengan menggunakan satu kelas sempel penelitian. Produk media scaffolding yang dikembangkan pada model pembelajaran SSCS ini terdiri dari empat jenis yaitu kartu petunjuk, handout, contoh dan anjuran. Ke empat jenis media scaffolding ini dikembangkan pada fase pertama dan kedua model pembelajaran SSCS, yaitu pada fase search dimana siswa membutuhkan banyak informasi untuk dapat menyelesaikan masalah dan fase solve dimana siswa menyelesaikan masalah yang diberikan. Pada fase inilah media scffolding dikembangkan sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa serta memunculkan indikator disposisi matematis pada sebagian besar siswa. Selain itu untuk mengetahui efektivitas media scaffolding dapat dilihat dari skor n-gain ternormalisasi dan mendapatkan skor 0,72 yang berkategori tinggi. Kesimpulan penelitian ini bahwa media scaffolding efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada siswa berkemampuan tinggi dan sedang serta disposisi matematis oleh sebagian besar siswa pada model pem-belajaran SSCS. Kata kunci : Disposisi Matematis, Model Pembelajaran SSCS, Pemecahan Masalah, Scaffolding

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QA Mathematics
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Magister Ilmu Matematika
Pengguna Deposit: 8256881 . Digilib
Date Deposited: 03 Feb 2017 07:07
Terakhir diubah: 03 Feb 2017 07:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25463

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir