SRI WAHYUNI HUSNI , (1213053109) (2016) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENIGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 METRO SELATAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (148Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (4Mb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (4Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Masalah ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar PKn siswa yang ditunjukkan dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 7 orang siswa dengan persentase sebesar (31,81%) dari 22 orang siswa dengan persentase (68,18%) dengan KKM 68. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri 2 Metro Selatan melalui penerapan model cooperative learning tipe team assisted individualizaton. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan setiap siklusnya terdiri dari tahap: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik nontes dan teknik tes. Teknik anlisis data berupa analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Alat pengumpul data yang digunakan berupa lembar observasi dan soal tes formatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe team assisted individualization dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn. Persentase aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I mendapat katagori “Aktif”, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan menjadi “Sangat Aktif”. Hasil belajar siswa secara klasikasl pada siklus I termasuk dalam katagori “Tinggi”, kemudian pada siklus II meningkat menjadi “Sangat Tinggi”. Kata kunci: cooperative learning tipe assisted individualization, aktivitas, hasil belajar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 0256097 . Digilib |
Date Deposited: | 24 Feb 2017 06:26 |
Terakhir diubah: | 24 Feb 2017 06:26 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25714 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |