PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK CIRI – CIRI MAKHLUK HIDUP (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 21 Bandarlampung Tahun Ajaran 2015/2016)

BUDI NURCAHYO, 0913024083 (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK CIRI – CIRI MAKHLUK HIDUP (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 21 Bandarlampung Tahun Ajaran 2015/2016). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (789Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (790Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Hasil belajar merupakan tujuan akhir dalam suatu pembelajaran yang erat kaitannya dengan pelaksanaan proses pembelajaran. Hasil observasi di kelas VII SMP Negeri 21 Bandar Lampung, diketahui bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Oleh karena itu, perlu adanya suatu kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Salah satunya dengan menggunakan Media Video. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Video dalam meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan eksperimental semu dengan desain kelompok kontrol nonekivalen. Sampel penelitian adalah kelas VIIJ dan VIIK yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretest, posttest dan N-gain pada materi ciri-ciri makhluk hidup kemudian dianalisis dengan uji-t dan uji-U melalui program SPSS 20. dengan hasil rata-rata nilai pretes (28,91); postes (70,78); dan N-gain (0,59). Hasil rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain Selanjutnya dimasukkan kedalam uji normalitas yang dilanjutkan dengan uji Mann-Whitney U. Hasil uji Mann-Whitney U untuk nilai pretes kelas eksperimen p (0,270 > 0,157) dan pada kelas kontrol p (0,270 > 0,171) sehingga diketahui untuk nilai pretes pada kedua kelas berbeda tidak signifikan. Hasil uji Mann-Whitney U untuk nilai postes pada kelas eksperimen p (0,000 < 0,157) dan pada kelas kontrol p (0,000 < 0,171) sehingga diketahui untuk nilai postes pada kedua kelas berbeda signifikan. Hasil uji Mann- Whitney U untuk nilai N-gain pada kelas eksperimen p (0,000 < 0,157) dan pada kelas kontrol p (0,000 < 0,171) sehingga diketahui untuk nilai N-gain pada kedua kelas berbeda signifikan. Dengan demikian, penggunaan media video berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Peningkatan prestasi belajar juga terjadi pada indikator aspek kognitif (C1, C2, C3, dan C4). Untuk indikator kognitif C1 dilakukan uji normalitas yang kemudian dilanjutkan dengan uji homogenitas dengan hasil (Fhitung(0,141) < Ftabel(3,159)), uji t1 (thitung(4,314) > ttabel(1,671)), dan uji t2 (thitung (21,174) > ttabel(1,695)) sehingga diketahui nilai Ngain pada indikator C1 berbeda signifikan. Selanjutnya untuk indikator kognitif C2, C3 dan C4 dilakukan uji homogenitas yang kemudian dilakukan uji Mann-Whitney U. Hasil uji Mann-Whitney U untuk indikator C2 pada kelas eksperimen p (0,001 < 0,157) dan pada kelas kontrol p (0,001 < 0,171) sehingga diketahui untuk indikator C2 pada kedua kelas berbeda signifikan. Hasil uji Mann-Whitney U untuk indikator C3 pada kelas eksperimen p (0,354 > 0,157) dan pada kelas kontrol p (0,354 > 0,171) sehingga diketahui untuk indikator C3 pada kedua kelas berbeda tidak signifikan. Hasil uji Mann-Whitney U untuk indikator C4 pada kelas eksperimen p (0,007 < 0,157) dan pada kelas kontrol p (0,007 < 0,171) sehingga diketahui untuk indikator C4 pada kedua kelas berbeda signifikan. Untuk data kualitatif diperoleh dari hasil observasi pada tiap pertemuan dan data angket tanggapan siswa mengenai pembelajaran menggunakan media video yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan media video meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan rata-rata berkriteria cukup yaitu 71,72%. Pada angket tanggapan siswa mengenai pembelajaran menggunakan media video siswa memberi tanggapan yang positif seperti siswa merasa lebih mudah dan menyenangkan untuk memahami materi dengan menggunakan media video yaitu 87.5%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi ciri-ciri makhluk hidup. Kata kunci : Video, Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar, Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 7236307 . Digilib
Date Deposited: 02 Mar 2017 08:38
Terakhir diubah: 02 Mar 2017 08:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25949

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir