IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MATERI IPA SEMESTER GENAP PADA SISWA KELAS VII SMP N 2 MARGA SEKAMPUNG LAMPUNG TIMUR (Studi Deskriptif Tentang Identifikasi Miskonsepsi Materi IPA Biologi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 2 Marga Sekampung Lampung Timur Tahun Pelajaran 2015/2016)

SAYUTI SRI LESTARI, 1213024061 (2017) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MATERI IPA SEMESTER GENAP PADA SISWA KELAS VII SMP N 2 MARGA SEKAMPUNG LAMPUNG TIMUR (Studi Deskriptif Tentang Identifikasi Miskonsepsi Materi IPA Biologi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 2 Marga Sekampung Lampung Timur Tahun Pelajaran 2015/2016). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (558Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (559Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi materi IPA semester genap pada siswa kelas VII. Desain penelitian adalah penelitian deskriptif sederhana. Sampel diambil dengan simple Random Sampling dengan jumlah sampel 64 siswa. Jenis data yang di gunakan yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif di peroleh dari hasil tes soal UN (2014-2015), PISSA (2006) dan TIMS (1999-2011). Sedangkan data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara mengenai tanggapan siswa terhadap materi IPA semester genap kelas VII. Analisis data dilakukan dengan metode CRI. Hasil identifikasi miskonsepsi berdasarkan kriteria jawaban CRI yaitu 16, 76% dari 25 soal terdiri dari 20 pilihan jamak beralasan dan 5 esay. Hasil kuantifikasi miskonsepsi siswa yaitu 26, 19% masuk ke dalam kriteria rendah. Materi IPA yang paling banyak terjadi miskonsepsi yaitu mareri ekosistem pada sub konsep iii saling ketergantungan diantara komponen biotik dengan persentase yang paling tinggi diantara sub konsep lain materi IPA semester genap pada siswa kelas VII 37,5% masuk ke dalam kriteria rendah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa yang tidak tahu konsep hingga mengalami miskonsepsi berkriteria rendah. Kata kunci: Certainly of Response Index (CRI), Miskonsepsi, Materi IPA

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 9031793 . Digilib
Date Deposited: 07 Mar 2017 08:28
Terakhir diubah: 07 Mar 2017 08:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26008

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir