PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI GARAM HIDROLISIS

SUCI LESTARI , 1213023067 (2017) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI GARAM HIDROLISIS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (753Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (754Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen keterampilan proses sains (KPS) pada materi garam hidrolisis, mendeskripsikan tanggapan pendidik, serta mendeskripsikan kelayakan instrumen asesmen yang dikembangkan dengan memperhatikan tingkat kesukaran soal-soal dalam asesmen, validitas dan reliabilitas. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Tahapan yang dilakukan adalah studi pendahuluan sampai tahap revisi hasil uji coba terbatas. KPS yang diukur dalam produk ini adalah keterampilan proses sains tingkat dasar yaitu mengamati, mengklasifikasi, mengomunikasi, memprediksi, dan menginferensi. Berdasarkan hasil validasi ahli terhadap aspek kesesuaian ini terhadap KI-KD sebesar 67,70% dengan kategori tinggi, aspek kontruk sebesar 84,00%, dan aspek keterbacaan 87,06% dengan kategori sangat tinggi yang berarti instrumen asesmen ini valid. Hasil tanggapan guru pada uji coba lapangan awal menunjukkan bahwa instrumen asesmen termasuk kategori sangat tinggi pada aspek kesesuaian isi dengan persentase 81,54% dan aspek keterbacaan dengan persentase 82,22%. Uji empiris menunjukkan bahwa asesmen memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi yang didominasi soal sedang, nilai reliabilitas dan Suci Lestari validitas butir soal yang tinggi. Sehingga instrumen asesmen KPS ini dapat dikatakan baik dan layak digunakan. Kata kunci : Asesmen, Keterampilan Proses Sains, Garam Hidrolisis

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 9417861 . Digilib
Date Deposited: 09 Mar 2017 04:03
Terakhir diubah: 09 Mar 2017 04:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26031

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir