PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI GARAM HIDROLISIS

VENNY FERLIYANTI , 1213023077 (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI GARAM HIDROLISIS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (655Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, serta keefektifan lembar kerja siswa berbasis inkuiri terbimbing pada materi garam hidrolisis. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) menurut Borg dan Gall. Penelitian ini hanya sampai diuji coba terbatas yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Gedong tataan pada kelas XII IPA yang berjumlah 22 siswa dan 2 guru kimia. Kevalidan LKS hasil pengembangan diukur berdasarkan hasil validasi ahli. Kepraktisan diukur berdasarkan tanggapan guru, tanggapan siswa, respon siswa, dan hasil observer terhadap keterlaksanaan pembelajaran menggunakan LKS hasil pengembangan. Keefektivan diukur berdasarkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal. Tanggapan validator terhadap LKS hasil pengembangan pada aspek keterbacaan, kesesuaian isi, dan konstruksi dikatagorikan tinggi, maka LKS dinyatakan valid. Tanggapan guru pada aspek kesesuaian isi, keterbacaan, dan kemenarikan dapat dikatagorikan sangat tinggi; tanggapan siswa terhadap aspek keterbacaan dan kemenarikan dikatagorikan sangat tinggi; respon siswa terhadap pembelajaran dengan LKS hasil pengembangan positif; dan hasil observer terhadap keterlaksanaan pembelajaran menggunakan LKS dikategorikan sangat tinggi, maka LKS hasil pengembangan dapat dinyatakan praktis. Persentase Siswa yang tuntas adalah 86% dari jumlah siswa yang ada dikelas maka LKS hasil pengembangan dapat dinyatakan efektif. Kata kunci : lembar kerja siswa, inkuiri terbimbing, garam hidrolisis.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 5688719 . Digilib
Date Deposited: 09 Mar 2017 04:02
Last Modified: 09 Mar 2017 04:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26032

Actions (login required)

View Item View Item