HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI DI KECAMATAN SUKARAME KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/201

Eka Fitria Romadhani, 1343053012 (2017) HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI DI KECAMATAN SUKARAME KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/201. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSTITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2143Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1797Kb) | Preview

Abstrak

Masalah penelitian ini adalah prestasi belajar IPS yang masih rendah, dan kurangnya sikap disiplin siswa. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar IPS. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas IV SD Negeri di Kecamatan Sukarame Tahun Ajaran 2016/2017 dengan jumlah 334 siswa, dilanjutkan menentukan dengan teknik Cluster Sampling (Area Sampling) maka diperoleh Kelurahan Way Dadi yaitu SD Negeri 1 Way Dadi dan SD Negeri 2 Way Dadi dengan jumlah 115 siswa, dengan demikian untuk memperoleh sampel digunakan rumus slovin maka diperoleh sampel sebanyak 53 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kusioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara disiplin belajar dengan prestasi belajar IPS, koefisien korelasi 0,781. (2) terdapat hubungan yang erat antara disiplin belajar dengan prestasi belajar IPS dengan koefisiensi korelasi sebesar 0,781 lebih besar daripada rtabel yaitu 0,271. Kata Kunci: Belajar, Disiplin, Prestasi.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 6369848 . Digilib
Date Deposited: 21 Mar 2017 06:25
Last Modified: 21 Mar 2017 06:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26089

Actions (login required)

View Item View Item