Efektivitas Model Pembelajaran Siklus Belajar Empiris Induktif (SBEI) Dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Laju Reaksi Kimia

Johannes, JOHAN ADHI NUGROHO (2013) Efektivitas Model Pembelajaran Siklus Belajar Empiris Induktif (SBEI) Dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Laju Reaksi Kimia. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
2.Cover dalam.pdf - Published Version

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
1.Abstrak.pdf - Published Version

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
3.Persetujuan.pdf - Published Version

Download (1459Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
5.Pernyataan.pdf - Published Version

Download (318Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
10.Daftar isi.pdf - Published Version

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (35Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (318Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (450Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img] Archive
3. Lampiran.zip - Published Version

Download (3173Kb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran Siklus Belajar Empiris Induktif (SBEI) pada materi laju reaksi dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bandar Lampung semester genap Tahun 2011-2012 dengan kelas XI IPA 3 dan XI IPA 1 sebagai sampel. Penelitian ini mengunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran SBEI diukur berdasarkan peningkatan gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata n-gain penguasaan konsep siswa untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,10 dan 0,64. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji perbedaan dua rata-rata dengan uji t’. Berdasarkan pengujian hipotesis, kelas yang diterapkan model pembelajaran SBEI memiliki nilai penguasaan konsep yang lebih tinggi dari pada kelas yang diterapkan dengan pembelajaran konvensional. Dari hasil pengujian hipotesis disimpulkan bahwa model pembelajaran SBEI efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi laju reaksi kimia. Kata kunci: Laju reaksi, SBEI, penguasaan konsep.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 11 Jan 2014 04:06
Last Modified: 11 Jan 2014 04:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/262

Actions (login required)

View Item View Item