ARYAN SUGARA, 1213033008 (2017) PEMANFAATAN RUANG PERPUSTAKAAN DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PENGARUH TERHADAP MINAT BELAJAR PADA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS DI SMA N 1 SUNGKAI SELATAN KABUPATEN LAMPUNG UTARA TAHUN AJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (2073Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1631Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan penelitian pendahuluan kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sungkai Selatan dalam proses belajar mengajar di dalam kelas minat siswa pada mata pelajaran sejarah rendah, siswa cendrung pasif saat pembelajaran berlangsung terlihat dari aktivitas siswa yang kurang tertarik dalam mengikuti pelajaran sejarah, siswa terkesan sebagai hanya penerima saja di karenakan kurang nya reteratur atau sumber lain pelajaran. Masalah tersebut dapat diatasi dengan memanfaatkan sarana sekolah yakni ruang perpustakaan untuk melakukan proses belajar mengajar agar siswa dapat menemukan sumber lain ataupun informasi yang dapat membantu saat pembelajaran berlangsung, dan dapat membantu menyelesaikan masalah yang di bahas dalam pembelajaran, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pemanfaatan ruang perpustakaan dalam pembelajarn berbasis masalah dan pengaruh terhadap minat belajar pada pelajaran sejarah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sungkai Selatan Kabupaten Lampung Utara tahun ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian bagaimana pemanfaatan ruang perpustakaan dalam pembelajaran berbasis masalah dan pengaruh terhadap minat belajar pada pelajaran sejarah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sungkai Selatan Kabupaten Lampung Utara tahun ajaran 2015/2016. Tehnik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantatif dengan menggunakan rumus koefesien korelasi theta. Subjek yang terpilih adalah siswa kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Sungkai Selatan, dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh ruang perpustakaan dalam pembelajaran berbasis masalah terhadap minat belajar siswa, ini dapat dilihat dari perhitungan koefesien korelasi theta yang memiliki nilai 0,608 yang bearti cukup bearti atau sedang. Berdasarkan penelitian ini dapat di simpulkan ada pengaruh ruang perpustakaan dalam pembelajaran berbasis masalah terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sungkai Selatan tahun ajaran 2015/2016. Kata Kunci : Ruang Perpustakaan, PBM (Pembelajaran Berbasis Masalah), Minat Belajar
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > D History (General) > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS |
Pengguna Deposit: | 7935702 . Digilib |
Date Deposited: | 11 Apr 2017 07:35 |
Terakhir diubah: | 11 Apr 2017 07:35 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26214 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |