PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SEJARAH KELAS X/AP SMK PGRI 1 PUNGGUR TAHUN AJARAN 2016/2017

Rofik Hidayat, 1013033057 (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SEJARAH KELAS X/AP SMK PGRI 1 PUNGGUR TAHUN AJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (127Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2582Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1906Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Untuk mencapai keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran, terdapat beberapa komponen yang dapat menunjang, yaitu tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, strategi belajar mengajar, dan evaluasi. Dalam proses pembelajaran, motivasi belajar siswa merupakan faktor yang dapat menjamin keberhasilan dalam mencapai tujuan pengajaran. Kemampuan menggunakan strategi pembelajaran adalah penting karena hal ini dapat menjamin keberhasilan guru dalam proses belajar mengajar, sehingga materi pelajaran dapat lebih mudah diterima oleh siswa dan menarik perhatian belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh Strategi Pembelajaran Inquiry terhadap peningkatan motivasi belajar IPS Sejarah siswa kelas X/AP SMK PGRI 1 Punggur Tahun Ajaran 2016/2017.? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh Strategi Pembelajaran Inquiry terhadap peningkatan motivasi belajar IPS sejarah siswa kelas X/AP SMK PGRI 1 Punggur Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan Strategi Pembelajaran Inquiry. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X/AP SMK PGRI 1 Punggur yang berjumlah 16 orang. Pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh yang berarti keseluruhan siswa kelas X/AP SMK PGRI 1 Punggur dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, kepustakaan dan tes angket, yang sebelumnya diadakan uji instrument berupa validitas tes dan realibilitas tes. Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa thitung ≥ ttabel yaitu 20,49 ≥ 1,753 dan rhitung ≥ rtabel yaitu 0,760 ≥ 0,497 yang berarti peningkatan motivasi belajar siswa memiliki besar signifikansi 0,760 yang masuk ke dalam kriteria kuat. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa penerapan Strategi Pembelajaran Inquiry berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar IPS Sejarah siswa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > D History (General)
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 0579067 . Digilib
Date Deposited: 12 Apr 2017 07:46
Terakhir diubah: 12 Apr 2017 07:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26223

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir