STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) DAN THINK PAIR AND SHARE (TPS) DENGAN MEMPERTIMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) PADA SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 1 BANJAR MARGO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Feni Asriyanti Zomi, 1313031036 (2017) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) DAN THINK PAIR AND SHARE (TPS) DENGAN MEMPERTIMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) PADA SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 1 BANJAR MARGO TAHUN PELAJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2773Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2172Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Banjar Margo Kabupaten Tulang Bawang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) dan Think Pair and Share (TPS) dengan mempertimbangkan kecerdasan emosional (EQ). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah komparatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi penelitian ini 103 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 68 siswa yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan rumus t-Test dua sampel independen dan analisis varian dua jalan. Hasil peneltian menunjukkan: 1) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair and Share (TPS) pada mata pelajaran Ekonomi, 2) hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran Think Pair and Share (TPS) pada siswa yang memiliki kecerdasan emosional (EQ) tinggi pada mata pelajaran Ekonomi, 3) hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran Think Pair and Share (TPS) pada siswa yang memiliki kecerdasan emosional (EQ) rendah pada mata pelajaran Ekonomi, 4) ada interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan kecerdasan emosional (EQ) siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi. Kata kunci: hasil belajar, student facilitator and explaining, think pair and share, kecerdasan emosional

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: 5953211 . Digilib
Date Deposited: 20 Apr 2017 06:31
Terakhir diubah: 20 Apr 2017 06:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26294

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir