REPRESENTASI GAYA KEPEMIMPINAN PADA KARAKTER HABIBIE DALAM FILM HABIBIE AINUN

M.T.RIKSA SAMUDRA, 1116031070 (2017) REPRESENTASI GAYA KEPEMIMPINAN PADA KARAKTER HABIBIE DALAM FILM HABIBIE AINUN. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (138Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1241Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1242Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Hadirnya film Habibie Ainun dengan penyajian yang unik, tersirat gaya kepemimpinan di era krisis kepemimpinan yang membangkitkatkan semangat bagi generasi penerus bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis representasi gaya kepemimpinan pada tokoh Habibie dengan menggunakan metode kualitatif dan metode semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian didapatkan dengan cara observasi, yang pertama dengan menonton keseluruhan film tersebut yang berdurasi 01:54:14 menit dengan jumlah 72 adegan yang terdapat pada 16 adegan pesan motivasi, 27 adegan percintaan, 16 adegan pesan nasionalisme dan 13 adegan gaya kepemimpinan. Tahap kedua yaitu menonton ulang film tersebut dengan hasil pengelompokan gaya kepemimpinan sesuai kepemimpinan pribadi, kepemimpinan keluarga, kepemimpinan perusahaan dan kepemimpinan negara. Kemudian dikelompokkan menjadi gaya kepemimpinan otokratik, gaya kepemimpinan diplomatis, gaya kepemimpinan moralis dan gaya kepemimpinan kharismatis. Tahap ke tiga yaitu dengan pengelompokan kepemimpinan pribadi (3 adegan gaya kepemimpinan otokratik, 1 adegan gaya kepemimpinan moralis), kepemimpinan keluarga (2 gaya kepemimpinan otokratik dan 1 gaya kepemipinan diplomatis), kepemimpinan perusahaan (2 gaya kepemimpinan otokratik dan 3 gaya kepemimpinan moralis), kepemimpinan negara (1 gaya kepemimpinan diplomatis). Pengelompokkan tersebut didapat dengan memaknai adegan dari makna denotasi menjadi konotasi sesuai dengan metode semiotika Roland Barthes. Tahap terakhir dengan menganalisis 13 adegan yang terbukti bahwa sosok Habibie identik menggunakan gaya kepemimpinan otokratik, sedangkan gaya kepemimpinan kharismatis tidak ada satupun dalam film ini. Kata kunci : Representasi, Semiotika Roland Barthes, Film, Gaya Kepemimpinan. abstract Presence of Habibie Ainun with unique display, implicit leadership style in crisis leadership era could increasing spirit for the next generation. Purpose of this research are to knowing and analyze leadership representation of Habibie using qualitative method and semiotics method of Roland Barthes. To get result of this research, reasearcher using observation methods, first step is watching Habibie Ainun full movie with 114 minutes duration, 78 scenes whiches there’s 19 scenes with motivation messages, 30 love scenes, 16 scenes with nationalism message, and 13 leadership messages. Second step re-watching Habibie Ainun movie with result leaderhip style grouping in accordance with personal leadership, family leadership, company leadership, and country leadership. Then grouped to autocratic leadership style, diplomatic leadership style, moral leadership style, and charismatic leadership style. Third phase step is watching this movie again with grouping personal leadership style (3 autocratic leadership style scenes, 1 moralleadership style scene), family leadership style (2 autocratic leadership style scenes and 1 diplomatic leadership style scene), company leadership style (2 autocratic leadership style, 3 moral leadership style), country leadership style (1 diplomatic leadership style). It grouped by scene’s interpreting from meaning denotation to connotation in accordance with semiotic method of Roland Barthes. The last step with analyzing 13 scenes whiches proven that Habibie used a lot of autocratic leadership style. meanwhile there’s no one of scene in this movie using the charismatic leadership style. Keywords: Representation, Semiotic of Roland Barthes, Film, Leadership Style.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > H Social Sciences (General)
> HF Commerce
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 64084269 . Digilib
Date Deposited: 28 Apr 2017 07:03
Terakhir diubah: 28 Apr 2017 07:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26494

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir