PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS 1 SMA AL-AZHAR 3 KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

ARMI LIA AJI, 1313034016 (2017) PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS 1 SMA AL-AZHAR 3 KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1256Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1040Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar geografi siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif think pair share. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian yaitu siswa kelas XI IPS 1 SMA Al-Azhar 3 Kota Bandar Lampung. Penelitian dilakukan dengan tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari satu pertemuan. Objek penelitian adalah model Think Pair Share untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan deskriptif analitik. Setelah melakukan tindakan di kelas terjadi peningkatan, aktivitas belajar siklus I sebesar 19,04%, siklus II 43,58% dan meningkat pada siklus III sebesar 73,89%. Penerapan model think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal ini terbukti dari peningkatan hasil belajar pada siklus I sebesar 11,91%, meningkat pada siklus II yaitu 35,89% dan meningkat pada siklus III yaitu 61,09%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model think pair share dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS 1 SMA Al-Azhar 3 Kota Bandar Lampung. Kata Kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, think pair share ABSTRACT The research purpose is to increase the students activities and geography learning result using think pair share model of cooperative learning. The method of this research is classroom action research. The subjects of this research are the students of social 11thgrade, State Senior High School Al-Azhar 3 Bandar Lampung City. This research consists of three cycles, each cycle consist of one meeting. Object of research is Think Pair Share model to increase activites and result study. Research use analytic describe to analysis data. After the action classroom research is conducted, the result shows an increase of students activities in cycle I 19,04%, increas at cycle II is 43,58% and at cycle III 73,89%. The applied of think pair share model can increased the students learning result, it is proved by increased of learning result in cycle I is 11,91%, increase to 35,89% in cycle II and 61,09% in cycle III. The result of this research shows that Think Pair Share model can increase the activities and geography student learning result in social 11thgrade State Senior High Shool Al-Azhar 3 Bandar Lampung city. Keywords: learning activity, learning results, think pair share.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: 61030581 . Digilib
Date Deposited: 03 May 2017 08:56
Terakhir diubah: 03 May 2017 08:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26582

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir