STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCAFFOLDING DAN TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN MEMPERHATIKAN GAYA BELAJAR SISWA (VISUAL DAN AUDITORIAL) PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

FITRI RAMADANI, (1313031037) (2017) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCAFFOLDING DAN TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN MEMPERHATIKAN GAYA BELAJAR SISWA (VISUAL DAN AUDITORIAL) PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2158Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1593Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar ekonomi serta mengkaji tentang perbandingan hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model Scaffolding dan Group Investigation (GI) dengan memperhatikan gaya belajar untuk mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar dengan model pembelajaran Scaffolding dan Group Investigation (GI) dengan memperhatikan gaya belajar siswa yaitu visual dan auditorial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah komparatif dengan pendekatan eksperimen semu. Populasi penelitian ini 136 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 68 siswa yang ditentukan dengan Cluster Random Sampling. Teknik pengambilan data melalui tes. Pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test dua sampel independen dan analisis varian dua jalan. Hasil analisis data menunjukan 1) Terdapat perbedaan signifikan rata-rata hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajaranya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Scaffolding dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran tipe Group Investigation (GI). 2) Terdapat perbedaan signifikan rata-rata hasil belajar ekonomi siswa yang memiliki gaya belajar visual dan auditorial. 3) Ada interaksi antara model pembelajaran dengan gaya belajar terhadap hasil belajar ekonomi. 4) Rata–rata hasil belajar ekonomi yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Scaffolding lebih tinggi dibandingkan dengan yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) pada siswa yang memiliki gaya belajar visual. 5) Rata–rata hasil belajar ekonomi yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) lebih tinggi dibandingkan dengan yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Scaffolding pada siswa yang memiliki gaya belajar auditorial. 6) Rata-rata hasil belajar ekonomi pada siswa yang memiliki gaya belajar visual lebih tinggi dibandingkan dengan yang memiliki gaya belajar auditorial pada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran tipe Scaffolding. 7) Rata-rata hasil belajar ekonomi pada siswa yang memiliki gaya belajar visual lebih tinggi dibandingkan dengan yang memiliki gaya belajar auditorial pada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran tipe Group Investigation (GI). Kata kunci: hasil belajar, scaffolding, group investigation (GI), gaya belajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: 12254579 . Digilib
Date Deposited: 05 May 2017 09:09
Terakhir diubah: 05 May 2017 09:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26626

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir