“Strategi Customer Relations Hotel Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan” ( Studi Komparasi Pada Hotel Horison dan Hotel Pop Bandarlampung)

ARIF FIANTO , 1216031019 (2017) “Strategi Customer Relations Hotel Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan” ( Studi Komparasi Pada Hotel Horison dan Hotel Pop Bandarlampung). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1709Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1337Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Pertumbuhan investasi di bidang jasa perhotelan di Bandarlampung berkembang pesat beberapa tahun belakangan. Bisnis dalam bidang jasa perhotelan memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para investor maupun para pengusaha dalam memulai bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi public relations Hotel Horison dan Hotel Pop di Bandarlampung dalam melayani pelanggan. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei eksplanatif yaitu survey yang dilakukan untuk menjelaskan hubungan antara dua atau lebih variabel. Populasi penelitian ini adalah Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan atau tamu Hotel Horison dan Hotel Pop Bandarlampung, sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang responden yang pernah menginap di Hotel Horison dan Hotel Pop Bandarlampung. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan Uji Independent Samples T-test. Diketahui nilai t-hitung tingkat kepuasan pelanggan antara Hotel Horison dan Hotel Pop Bandarlampung adalah 3,259 dengan probabilitas 0,002. Karena probabilitas (Sig). 0,002< 0,005 Ho ditolak. Sehingga berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara pelanggan Hotel Horison dengan Hotel Pop Bandarlampung. Hasil penelitian menyatakan bahwa pelanggan lebih merasa puas dan nyaman dengan pelayanan Hotel Pop dibandingkan dengan Hotel Horison Lampung. Hotel Horison dan Hotel Pop Lampung memiliki tingkatan level bintang yang berbeda, Hotel Horison merupakan Hotel bintang 3 sedangkan Hotel Pop merupakan Hotel bintang 2. Hotel Pop berada satu level dibawah Hotel Horison. Tapi hal ini bukan berarti pelanggan akan lebih puas dengan pelayanan Hotel Horison yang bintang 3 dibanding Hotel Pop yang bintang 2. Kata Kunci: customer relations, pelayanan, dan pelanggan ABSTRACT Investment growth in the service sector hospitality Bandarlampung thrived in recent years.Business in the service sector hotel has become attraction for investors and entrepreneurs in starting business. This study attempts to see how the public relations horison hotel and hotels pop in Bandarlampung in serve their customers. The research is research eksplanatif the survey conducted to define the connection between two or more variables. The population research is a population of the research is a customer or hotel guests horison and hotels pop Bandarlampung, included in this study is 100 respondents who stayed at the hotel horison and hotels pop bandarlampung. Data collection using a questionnaire. Data analyzed using the independent samples t-test. Known value t-hitung the customer satisfaction horison between hotel and hotels pop Bandarlampung is 3,259 with probabilities 0,002. Because the probability ( sig ) 0,002 & it 0,005 Ho rejected. So that means there are significant differences between a customer of a hotel horison with hotel pop bandarlampung. The results indicated that customers are satisfied and more comfortable with hotel services pop compared with hotel horison lampung. Hotel horison and hotels lampung having pop star levels level different ,hotels are hotels the horison 3 while hotel pop star hotel is 2 .Hotel pop be a level under hotel horison .But this does not mean that customers will be satisfied with hotel services that the horison 3 than hotel pop that the 2 Keywords: customer relations, serving, and costumer.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
> HE Transportation and Communications
> HF Commerce
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 4038851 . Digilib
Date Deposited: 08 May 2017 07:41
Terakhir diubah: 08 May 2017 07:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26628

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir