PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GERAK SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SEPUTIH MATARAM

I DEWA PUTU AGASTYA DALEM, 1343022003 (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GERAK SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SEPUTIH MATARAM. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1718Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1440Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Seputih Mataram. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Seputih Mataram sedangkan sampel yang digunakan adalah siswa kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Metode penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Data yang diuji menggunakan uji Independent Sampel T Test. Berdasarkan hasil pretest kelas eksperimen diperoleh 33,72 dan posttest sebesar 59,97 dengan peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 26,25 dan hasil pretest kelas kontrol diperoleh 36,19 dan posttest sebesar 50,28 dengan peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 14,09. Berdasarkan hasil uji perbedaan hasil belajar menggunakan I Dewa Putu Agastya Dalem Independent Sampel T Test diperoleh nilai sig sebesar 0,000 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis terhadap hasil belajar fisika siswa. Dapat dikatakan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Hasil Belajar Fisika, Pembelajaran berbasis masalah, Pengaruh.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 9802504 . Digilib
Date Deposited: 09 May 2017 06:20
Terakhir diubah: 09 May 2017 06:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26636

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir