PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANTARA SISWA YANG PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM BASED INTRUCTION (PBI)DAN THINK TALK WRITE (TTW)DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN INTELEKTUAL (IQ ) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

NUNUNG NUR'AINI, 1313031061 (2017) PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANTARA SISWA YANG PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM BASED INTRUCTION (PBI)DAN THINK TALK WRITE (TTW)DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN INTELEKTUAL (IQ ) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI. FAKULTAS KAGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (4Mb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak

abstrak Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemempuan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran ekonomi kelas X Semester Genap. SMA Negeri 1 Menggala Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe Problem Based Intruction (PBI )dan Think Talk Write (TTW ) dalam meningkarkan kemampuan berpikir kritis pada siswa dengan memperhatikan kecerdasan intelektual (IQ ). Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen ).dengan pendekatan komparatif. Desain penelitian yang digunakan treatment by level. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 7 kelas dengan jumlah 210 siswa dan sampel yang digunakan 2 kelas dengan jumlah 60 siswa yang ditentukan melalui cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan tes kemampuan berpikir kritis berupa soal pilihan jamak. Pengujian hipotesis menggunakan analisis varians dua jalan dan t-tes dua sampel independen.Berdasarkan analisis data diperoleh hasil: (1)ada perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran problem based intruction (PBI )dengan yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran think talk write (TTW )pada mata pelajaran ekonomi, (2)kemampuan berpikir kritis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran problem based intruction (PBI )lebih efektif dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran think talk write (TTW )bagi siswa yang memiliki kecerdasan intelektual (IQ ) tinggi pada mata pelajaran ekonomi, (3)kemampuan berpikir kritis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran think talk write (TTW )lebih efektif dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran problem based intruction (PBI )bagi siswa yang memiliki kecerdasan intelektual (IQ ) rendah pada mata pelajaran ekonomi, (4)ada pengaruh interaksi antara penggunaan model pembelajaran dengan kecerdasan intelektual (IQ )terhadap kemampuan berpikir kritis. Kata kunci: berpikir kritis, PBI, TTW, kecerdasan intelektual (IQ )

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HB Economic Theory
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: 38638143 . Digilib
Date Deposited: 15 May 2017 08:42
Terakhir diubah: 15 May 2017 08:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26646

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir