PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR MELALUI PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMPN 3 NATAR

GITA ALDIRA ABELTA, (1313022028) (2017) PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR MELALUI PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMPN 3 NATAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2054Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1739Kb) | Preview

Abstrak

Keaktifan siswa dikelas ditambah penggunaan media LKS dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. LKS berbasis Inkuiri terbimbing merupakan cara yang efektif dalam membantu siswa memperoleh pengalaman dalam rangka menemukan sendiri konsep yang sudah direncanakan guru. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat pengaruh penggunaan LKS berbasis inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar melalui pemahaman konsep. Penilitian di SMPN 3 Natar dilakukan dengan desain non-equivalent control group. Pengaruh yang signifikan dari treatment yang diberikan dapat terlihat dengan digunakan perhitungan N-gain dan uji hipotesis menggunakan uji independent Sample t-test. Hasil uji ini menunjukkan rata-rata N-gain hasil belajar siswa menggunakan LKS berbasis inkuiri terbimbing 0,50 lebih tinggi dibandingkan dengan 0,33 rata-rata N-gain hasil belajar siswa dengan LKS yang biasa digunakan disekolah. Nilai N-gain yang telah diujikan menunjukkan terdapat pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan diperoleh thitung sebesar -5,99 sedangkan ttabel sebesar 1,99. Nilai -thitung < ttabel (3,146 > 1,99) dan signifikansi (0,00 < 0,05) dan nilai pemahaman konsep siswa ditunjukkan dengan siswa lebih dominan sudah paham konsep dengan persentase 51,30%, tidak paham konsep 44,70%, lucky guess 10,00% dan hanya sedikit miskonsepsi 3,20% dari seluruh siswa kelas eksperimen. Kata kunci : LKS Inkuiri Terbimbing, Pemantulan Cahaya, Pemahaman Konsep

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Q Science (General) > QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: 68457802 . Digilib
Date Deposited: 17 May 2017 08:09
Last Modified: 17 May 2017 08:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26655

Actions (login required)

View Item View Item