GITA ALDIRA ABELTA, (1313022028) (2017) PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR MELALUI PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMPN 3 NATAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (2054Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1739Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Keaktifan siswa dikelas ditambah penggunaan media LKS dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. LKS berbasis Inkuiri terbimbing merupakan cara yang efektif dalam membantu siswa memperoleh pengalaman dalam rangka menemukan sendiri konsep yang sudah direncanakan guru. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat pengaruh penggunaan LKS berbasis inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar melalui pemahaman konsep. Penilitian di SMPN 3 Natar dilakukan dengan desain non-equivalent control group. Pengaruh yang signifikan dari treatment yang diberikan dapat terlihat dengan digunakan perhitungan N-gain dan uji hipotesis menggunakan uji independent Sample t-test. Hasil uji ini menunjukkan rata-rata N-gain hasil belajar siswa menggunakan LKS berbasis inkuiri terbimbing 0,50 lebih tinggi dibandingkan dengan 0,33 rata-rata N-gain hasil belajar siswa dengan LKS yang biasa digunakan disekolah. Nilai N-gain yang telah diujikan menunjukkan terdapat pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan diperoleh thitung sebesar -5,99 sedangkan ttabel sebesar 1,99. Nilai -thitung < ttabel (3,146 > 1,99) dan signifikansi (0,00 < 0,05) dan nilai pemahaman konsep siswa ditunjukkan dengan siswa lebih dominan sudah paham konsep dengan persentase 51,30%, tidak paham konsep 44,70%, lucky guess 10,00% dan hanya sedikit miskonsepsi 3,20% dari seluruh siswa kelas eksperimen. Kata kunci : LKS Inkuiri Terbimbing, Pemantulan Cahaya, Pemahaman Konsep
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > QC Physics |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 68457802 . Digilib |
Date Deposited: | 17 May 2017 08:09 |
Terakhir diubah: | 17 May 2017 08:09 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26655 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |