PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 1 GUNUNGSINDUR KABUPATEN BOGOR TAHUN PELAJARAN 2015/2016

SITI HODIJAH, 1213033070 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 1 GUNUNGSINDUR KABUPATEN BOGOR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (181Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1264Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1265Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Motivasi belajar dalam kegiatan pembelajaran sangat dibutuhkan oleh siswa, namun dalam kenyataannya sekarang ini masih banyak siswa yang memiliki motivasi belajar yang cenderung rendah. Dalam pembelajaran banyak faktor yang bisa dijadikan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, salah satunya yaitu model pembelajaran. Dalam penelitian ini peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran Make a Match, yaitu model pembelajaran di mana siswa diperintahkan untuk mencari pasangan sambil belajar mengenai suatu konsep atau topik dalam suasana menyenangkan sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Make a Match terhadap motivasi belajar Sejarah siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Gunungsindur Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2015/2016?”. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Make a Match terhadap motivasi belajar Sejarah siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Gunungsindur Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan jenis Posttest-only Control Design. Teknik analisis data menggunakan koefisien korelasi Theta ( ) dan Kai Kuadrat (X2). Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi Theta ( ) sebesar 0,4135 yang artinya berada pada taraf positif yaitu cukup berarti atau sedang, positif yang artinya apabila variabel X dilakukan dengan prosedur atau langkah-langkah yang benar maka variabel Y akan meningkat. Besarnya keberartian Kai Kuadrat (X2) menunjukkan 14,267 > 5,991 yang berarti bahwa sebesar 95% variabel X ini dipercaya dapat meningkatkan variabel Y pada seluruh populasi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Make a Match (X) terhadap motivasi belajar (Y) Sejarah siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Gunungsindur Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2015/2016, terutama pada motivasi belajar (Y) indikator adanya penghargaan dalam belajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
> L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 75751977 . Digilib
Date Deposited: 20 May 2017 06:26
Terakhir diubah: 20 May 2017 06:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26665

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir