DESAIN DAN REALISASI AKUMULATOR ELEKTROLIT AIR LAUT DENGAN PENAMBAHAN SODIUM BICARBONATE (NaHCO3) SEBAGAI SUMBER ENERGI ALTERNATIF

Randha Kentama Arwaditha, 1217041041 (2017) DESAIN DAN REALISASI AKUMULATOR ELEKTROLIT AIR LAUT DENGAN PENAMBAHAN SODIUM BICARBONATE (NaHCO3) SEBAGAI SUMBER ENERGI ALTERNATIF. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak (Abstract).pdf

Download (89Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (6Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4017Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Telah direalisasikan alat yang mampu menghasilkan daya listrik menggunakan rangkaian elektroda Cu-Zn dengan elektrolit air laut dan dengan penambahan NaHCO3. Desain alat dirancang agar dapat dilakukan pengisian dan pengosongan elektrolit air laut sehingga dapat digunakan sebagai sumber energi alternatif berkelanjutan. Sel elektrolit yang digunakan terdiri atas 40 sel yang dirangkai secara seri dan dalam satu sel terdapat empat pasang elektroda Cu-Zn yang dirangkai secara paralel. Pengukuran karakteristik elektrik alat menggunakan beban LED 1,2 watt. Pengujian alat pertama dengan elektrolit air laut dilakukan selama 78 jam dengan tiga kali pengisian elektrolit setiap 24 jam dan pengujian alat kedua dengan elektrolit air laut ditambahkan NaHCO3 dilakukan selama 120 jam dengan empat kali pengisian elektrolit setiap 24 jam.. Tegangan, arus, daya, dan iluminasi yang dihasilkan alat dengan elektrolit air laut semakin lama digunakan akan semakin kecil dan hanya dapat menghidupkan LED 1,2 watt dalam 3 hari. Sedangkan dengan elektrolit air laut ditambahkan NaHCO3 semakin lama digunakan akan semakin kecil juga dan masih dapat menghidupkan LED 1,2 watt hingga 5 hari. Laju korosi dengan elektrolit air laut semakin lama digunakan akan semakin besar, Sedangkan dengan elektrolit air laut ditambahkan NaHCO3 tidak terjadi korosi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > QC Physics
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Fisika
Pengguna Deposit: 72505713 . Digilib
Date Deposited: 12 Jun 2017 07:35
Terakhir diubah: 12 Jun 2017 07:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26823

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir