STUDY DESKRIPTIF PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI PILOT PROJECT KECAMATAN JATI AGUNG

LIA SYAH FRANSISKA , 1343053022 (2017) STUDY DESKRIPTIF PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI PILOT PROJECT KECAMATAN JATI AGUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNVIERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1472Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1471Kb)

Abstrak

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan kreatifitas siswa karena guru masih mengalami kesulitan dalam menggunakan pendekatan scientific. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pembelajaran Dengan Pendekatan Scientific Pada Kurikulum 2013 Di SD Negeri Pilot Project Kecamatan Jati Agung. Peneliti menggunakan metode kualitatif karena, permasalahan belum jelas, holistic, kompleks, dinamis, dan penuh makna. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas IV SD Negeri 2 Rejomulyo dan guru kelas IV SD Negeri 5 Jatimulyo, proses pembelajaran dengan pendekatan scientific, serta dokumen. Triangulasi teknik yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah antara observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian Implementasi pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD Negeri 2 Rejomulyo dan SD Negeri 5 Jatimulyo sudah menggunakan pendekatan scientific yang meliputi aktivitas:1) mengamati, 2) menanya, 3) menalar, 4) mencoba, 5) mengolah, 6) menyimpulkan, 7) menyajikan, dan 8) mengkomunikasikan. Guru kelas belum membuat RPP untuk mendesain pembelajaran, sehingga berpedoman dengan RPP yang terdapat pada buku pegangan guru. Model pembelajaran yang digunakan belum sepenuhnya berbasis pada pembelajaran aktif atau pendekatan scientific seperti discovery, inquiry dan PBL, namun guru telah melaksanakan metode eksperimen, diskusi, tanya jawab dan ceramah dalam pembelajaran. Kata Kunci: deskriptif, pendekatan scientific, kurikulum 2013 ABSTRACT The problem in this research is below expectation because the teachers are still lack of guidance in using the scientific approach. This study aims to describe Learning Activity with Scientific Approach On Curriculum 2013 At Elementary School Pilot Project Jati Agung District. The researcher used qualitative method because the problem is not clear yet, holistic, complex, dynamic, and full of meaning. The sources in this research consisted of the fourth grade teacher of Elementary School 2 Rejomulyo and the fourth grade teacher of Elementary School 5 Jatimulyo. The learning process was done using scientific approach, and documentation. While triangulation technique was also used in this research between observation, interviews and documentation. Based on the results of the research, the implementation of integrated thematic learning in the fourth grade of Elementary School 2 Rejomulyo and Elementary School 5 Jatimulyo has been done, included: 1) observing, 2) asking, 3) reasoning, 4) trying, 5) processing, 6) concluding , 7) presenting, and communicating. The classroom teachers have not created the lesson plan in designing the lesson yet, so that the lesson plans were taken from the teacher manual textbook. In conclusion, the learning model used has not been fully based on active learning or scientific approaches such as discovery, inquiry and PBL (problem based learning), but the teachers have been implementing experimental methods, discussion, question and answer and lectures during the learning process. Keywords: descriptive, scientific approach, curriculum 2013

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 44721365 . Digilib
Date Deposited: 12 Jun 2017 03:37
Last Modified: 12 Jun 2017 03:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26827

Actions (login required)

View Item View Item