PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SISWA KELAS IV SD NEGERI 9 METRO BARAT

LUIKI PRIANTI A.S, 1313053085 (2017) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SISWA KELAS IV SD NEGERI 9 METRO BARAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2200Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2614Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA dilihat dari nilai rata-rata mid semester kelas IVB lebih rendah dibanding nila rata-rata kelaas IVA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan dan positif penggunaan model discovery learning terhadap hasil belajar IPA kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan derngan menggunakan teknk tes. Alat pengumpulan data berupa soal pilihan jamak yang sebelumnya telah diujikan dan dianalisis dengan validitas dan reliabilitas. Terknik analisis data berupa kuantitatif. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan di SD Negeri 9 Metro Barat sebesar 65. Hasil rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 50,71 dan hasil ratarata posttest sebesar 70,71, sehingga N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,38. Sedang Hasil rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 55,50 dan hasil rata-rata posttest sebesar 63,50, sehingga N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,14. Hasil pengujian menggunakan rumus t-test pooled varians diperoleh data thitung sebesar 2,60 sedangkan ttabel sebesar 2,02, perbandingan tersebut menunjukkan (2,60 > 2,02) berarti Ha diterima. Artinya ada pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar IPA siswa Kelas IV SD Negeri ( Metro Barat. Kata kunci: discovery learning, hasil belajar, IPA.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 38264125 . Digilib
Date Deposited: 16 Jun 2017 06:04
Terakhir diubah: 16 Jun 2017 06:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26959

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir