EFEKTIVITAS LKS BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA

Diara, 1313023017 (2017) EFEKTIVITAS LKS BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
1. ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] Text
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4068Kb)
[img]
Preview
Text
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3840Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK EFEKTIVITAS LKS BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA Oleh Diara Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS) dalam meningkatkan KPS siswa pada materi pokok hukum-hukum dasar kimia ditinjau dari kemampuan kognitif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 6 Metro semester ganjil Tahun 2016/2017 yang berjumlah 196 siswa. Teknik pengam-bilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kelas X.6 sebagai kelas eksperimen dan X.7 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Berdasarkan hasil uji anova dua jalur diperoleh nilai sig untuk efektivitas LKS sebesar 0,01. Hasil uji per-bedaan dua rata-rata menunjukkan bahwa rata-rata n-gain KPS siswa kemampuan kognitif tinggi dan rendah dengan penggunaan LKS berbasis KPS lebih tinggi dari-pada LKS konvensional. Rata-rata n-gain KPS siswa kemampuan kognitif tinggi tidak berbeda signifikan dengan siswa kemampuan kognitif rendah pada peng-gunaan LKS berbasis KPS. Dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis KPS efektif dalam meningkatkan KPS siswa ditinjau dari kemampuan kognitif. Kata kunci: hukum-hukum dasar kimia, kemampuan kognitif, KPS, LKS.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 5147843 . Digilib
Date Deposited: 19 Jun 2017 04:25
Last Modified: 19 Jun 2017 04:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27009

Actions (login required)

View Item View Item