PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

ELSIE TIARA PRAMESTI, 1313023024 (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1388Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (746Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis problem solving pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Metode penelitian yang diguna-kan adalah metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Tahap penelitian diawali dengan perancangan dan pembuatan draft awal berdasarkan hasil studi pustaka dan studi lapangan dengan responden guru dan siswa. Setelah penyusunan draft 1 maka dilakukan validasi oleh seorang dosen ahli terhadap karakteristik LKS aspek kesesuaian isi, konstruksi, dan keterbacaan. Hasil validasi menunjukan bahwa persentase penilaian validator terhadap aspek kesesuaian isi, keterbacaan dan konstruksi berkriteria “sangat setuju”. Kemudian dilakukan revisi terhadap draft 1 LKS berdasarkan saran/masukan dari validator dan dihasilkan draft 2 LKS. Tahap selanjutnya dilakukan uji coba terbatas untuk mengetahui tanggapan guru dan siswa kelas X IPA 2 SMAN 13 Bandarlampung terhadap LKS yang dikembangkan. Hasil tanggapan guru dan siswa terhadap LKS termasuk dalam kriteria “sangat setuju”. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKS berbasis problem solving pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit telah dilakukan dengan baik, memiliki validitas yang sangat baik, baik untuk digunakan dan memperoleh tanggapan positif dari siswa. Kata kunci: LKS, problem solving, larutan elektrolit dan non elektrolit.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 49883563 . Digilib
Date Deposited: 20 Jun 2017 06:46
Last Modified: 20 Jun 2017 06:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27070

Actions (login required)

View Item View Item