PENGEMBANGAN LKPD TEMATIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA SUIBTEMA PENINGGALAN-PENINGGALAN KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA UNTUK KELAS V SD

AHMAD AJAD SUDRAJAT , 1523053008 (2017) PENGEMBANGAN LKPD TEMATIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA SUIBTEMA PENINGGALAN-PENINGGALAN KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA UNTUK KELAS V SD. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1283Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1132Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan menghasilkan LKPD dan mengetahui efektivitas LKPD tematik berbasis problem based learning pada materi peninggalan-peninggalan kerajaan Islam di Indonesia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V B. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D), pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model Borg and Gall. Objek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas V B SD Negeri 4 Metro Timur. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang merupakan validasi LKPD dari ahli materi, ahli media, guru, dan respon siswa, serta instrumen tes hasil belajar yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan LKPD tematik berbasis problem based learning yang dianalisis dengan Uji-t dengan pengujian independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan efektif digunakan sesuai dengan hasil analisis perbedaan rata-rata hasil belajar postes kelas eksperimen yaitu 77,81 sedangkan kelas kontrol 68,93. Kata Kunci : Pengembangan LKPD, Problem Based Learning, Hasil Belajar ABSTRACT This research aims to generate worksheet produce and examine the effectiveness of worksheet based problem based learning on the heritages kingdom of Islam in Indonesia to improve student learning outcome of V B class. This research is a Research and Development (R & D), the development process has been done with reference to the Borg and Gall model. Object were students of grade V B on elementary school number 4 East of Metro. The questionnaire has been used to validate the worksheets from matter expert, subject media expert, teachers, students response, and learning outcome instrument’s have been used to know the students learning outcomes after using the problem based learning worksheet were analyzed with t-test by independent sample t-test. The results showed that the worksheet thematic based on problem based learning that were developed effective use according to mean analisys learning outcome of posttest experiment class is 77,81 while the control class is 68,93. Keywords: Worksheet Development, Problem Based Learning, Learning Outcomes

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 70137093 . Digilib
Date Deposited: 21 Jun 2017 02:54
Terakhir diubah: 21 Jun 2017 02:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27095

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir