PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VB SDN 1 GANTIWARNO

DESI TRI ANUGRAH, 1313053032 (2017) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VB SDN 1 GANTIWARNO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1297Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (781Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS yakni 12 siswa (60%) dari 20 siswa belum mencapai nilai ketuntasan belajar berdasarkan KKM yang telah ditentukan yaitu 60. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran explicit instruction. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan soalsoal tes. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai ratarata aktivitas siswa pada siklus I yaitu 59,75 dengan kategori “Cukup Aktif”, pada siklus II menjadi 75,37 dengan kategori “Aktif” dan terjadi peningkatan sebesar 15,62. Persentase klasikal siswa aktif pada siklus I sebesar 57,50% kategori “Cukup Aktif”, pada siklus II menjadi 82,50% kategori “Sangat Aktif”. Nilai ratarata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 66,50 dengan kategori “Baik” dan pada siklus II menjadi 75,75 dengan kategori “Baik”, terjadi peningkatan sebesar 9,25. Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar pada siklus I sebesar 60,00% dengan kategori “Tinggi” pada siklus II menjadi 80,00% dengan kategori “Sangat Tinggi” meningkat sebesar 20,00%. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, explicit instruction

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 10458952 . Digilib
Date Deposited: 21 Jun 2017 06:17
Terakhir diubah: 21 Jun 2017 06:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27115

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir