PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 2 RAJABASA BARU

ELINDA WAHYUNI, 1313053048 (2017) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 2 RAJABASA BARU. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (995Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (793Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran yang dapat diketahui dari nilai rata-rata kelas sebesar 62,47. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui peningkatan hasil belajar IPS siswa menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah dengan media grafis. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik non tes dan tes. Alat pengumpul data berupa soal essay dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Teknik analisis berupa data kuantitatif dan kualitatif. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 59,52 dengan kategori (cukup baik), pada siklus II meningkat menjadi 70,18 dengan kategori (baik). Nilai kinerja guru juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 51,33 dengan kategori (cukup baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 75 dengan kategori (baik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran berbasis masalah dengan media grafis dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 2 Rajabasa Baru. Relevansi hasil belajar dengan kinerja guru yaitu apabila kinerja guru dalam kategori baik dan meningkat, maka hasil belajar siswa juga meningkat. Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, media grafis, hasil belajar, IPS.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 87112655 . Digilib
Date Deposited: 21 Jun 2017 06:33
Terakhir diubah: 21 Jun 2017 06:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27116

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir