EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH PADA MATERI PEMISAHAN CAMPURAN

WAYAN GRACIAS , 1313023090 (2017) EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH PADA MATERI PEMISAHAN CAMPURAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1330Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (838Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan saintifik dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa pada ma-teri pemisahan campuran. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi ekspe-rimen dengan desain the matching only pretest-posttest control group. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 22 Bandarlampung dengan sampel penelitian kelas VII B dan kelas VII D yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Efektivitas pendekatan saintifik ditunjukkan dari perbedaan rata-rata n-gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dan peningkatan sikap ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan daripada n-gain kelas kontrol. Sikap il-miah juga mengalami peningkatan sebesar 67,14% . Dengan demikian, disimpul-kan bahwa pendekatan saintifik efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa pada materi pemisahan campuran. Kata kunci: keterampilan berpikir kritis, pemisahan campuran, pendekatan saintifik, sikap ilmiah

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 13856397 . Digilib
Date Deposited: 21 Jun 2017 06:23
Last Modified: 21 Jun 2017 06:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27121

Actions (login required)

View Item View Item