STRATEGI PENGEMBANGAN MINYAK ATSIRI PALA DI KABUPATEN TANGGAMUS (Studi Kasus : Gabungan Kelompok Tani Wira Karya Sejahtera)

Varga Desnar Zendya, 1214051070 (2017) STRATEGI PENGEMBANGAN MINYAK ATSIRI PALA DI KABUPATEN TANGGAMUS (Studi Kasus : Gabungan Kelompok Tani Wira Karya Sejahtera). UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS PERTANIAN .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1446Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1372Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman agroindustri minyak atsiri pala; serta merumuskan alternatif strategi pengembangan agroindustri minyak atsiri pala di Gapoktan Wira Karya Sejahtera, Kabupaten Tanggamus. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan analisis SWOT untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal, matriks IFE, EFE, dan matriks SWOT untuk merumuskan strategi pengembangan agroindustri minyak atsiri pala. Hasil analisis faktor internal menunjukkan bahwa skor kekuatan lebih besar dibandingkan kelemahan. Kekuatan utama agroindustri minyak atsiri pala yaitu izin usaha dan sertifikat, sedangkan kelemahan terbesar yaitu modal. Faktor eksternal menunjukkan bahwa skor peluang lebih besar dibandingkan dengan ancaman. Peluang terbesar yaitu kondisi lingkungan yang aman dan mendukung, sedangkan ancaman terbesar yaitu kenaikan harga sarana produksi. Strategi pengembangan agroindustri minyak atsiri pala yaitu memanfaatkan kelegalan dan sertifikat pendukung serta meningkatkan manajemen produksi untuk mendapatkan lingkungan yang aman dan menjaga hubungan dengan distributor, agen dan pelanggan; dan memanfaatkan harga produk untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan dan agen. Kata kunci : analisis SWOT, strategi pengembangan agroindustri, minyak atsiri pala

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Budidaya tanaman
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Teknologi Hasil Pertanian
Pengguna Deposit: 38290084 . Digilib
Date Deposited: 06 Jul 2017 06:41
Terakhir diubah: 06 Jul 2017 06:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27139

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir