PENGARUH STRATEGI SCAFFOLDING DALAM PEMBELAJARAN SIMAYANG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN MODEL MENTAL PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

SHELLA PRATIWI, 1313023072 (2017) PENGARUH STRATEGI SCAFFOLDING DALAM PEMBELAJARAN SIMAYANG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN MODEL MENTAL PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1874Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKIRPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2158Kb)

Abstrak

Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh strategi scaffolding dalam pem-belajaran SiMaYang untuk meningkatkan motivasi belajar dan model mental pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Al-Azhar 3 Bandarlampung yang terdiri dari enam kelas pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Penentuan sampel dilakukan secara acak dengan menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 4 sebagai kelas kontrol berdasarkan pertimbangan nilai pretes. Menurut kriteria ukuran pengaruh Dincer bahwa effect size motivasi belajar dan model mental pada kelas eksperimen dan kelas kontrol termasuk ke dalam kriteria besar, akan tetapi pada kelas eksperimen 97% motivasi belajar dipengaruhi oleh pembelajaran dengan strategi scaffolding sampai kriteria tinggi sebesar 67,44% siswa, sedangkan kelas kontrol 93% motivasi belajar dipengaruhi oleh pembelajaran SiMaYang tanpa strategi scaffolding sampai kriteria tinggi sebesar 2,33% siswa. Pada kelas eksperimen 98% model mental dipengaruhi oleh pembelajaran dengan strategi scaffolding sampai kriteria baik sekali sebesar 97,67% siswa, sedangkan kelas kontrol 97% model mental dipengaruhi oleh pembelajaran SiMaYang tanpa strategi scaffolding sampai kriteria baik sekali sebesar 48,84% siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh strategi scaffolding dalam pem-belajaran SiMaYang untuk meningkatkan motivasi belajar dan model mental pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Kata Kunci : model mental, motivasi belajar, pembelajaran SiMaYang, pengaruh, dan strategi scaffolding

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 21933832 . Digilib
Date Deposited: 05 Jul 2017 01:19
Terakhir diubah: 05 Jul 2017 01:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27142

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir