PENGGUNAAN MEDIA REALIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 CIPTAMULYA KEBUN TEBU LAMPUNG BARAT

ERIYA GUSMARA, (1113053037) (2017) PENGGUNAAN MEDIA REALIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 CIPTAMULYA KEBUN TEBU LAMPUNG BARAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (839Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1605Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Masalah penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 01 Ciptamulya Kebun Tebu Lampung Barat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penggunaan media realia pada pembelajaran IPS. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media realia dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal tersebut dilihat dari aktivitas belajar siswa pada siklus I dikatagorikan “Cukup Aktif”, pada siklus II meningkat dengan katagori “Aktif”, dan pada siklus III meningkat menjadi “Sangat Aktif”. Selanjutnya juga terdapat peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus I hasil belajar siswa dikatagorikan “Rendah”, pada siklus II terjadi peningkatan namun belum mencapai indikator keberhasilan, maka peneliti melanjutkan ke siklus III. Pada siklus III hasil belajar siswa telah mencapai katagori “Tinggi”. Kata kunci : aktivitas, hasil belajar, media realia

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 80538852 . Digilib
Date Deposited: 12 Jul 2017 08:17
Terakhir diubah: 12 Jul 2017 08:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27225

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir