EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Bandarlampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017)

SAPUTRA WIJAYA , 1313021078 (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Bandarlampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1067Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (986Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajara kontekstual ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Bandarlampung tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 171 siswa yang terdistribusi dalam 5 kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII-D dan VII-E yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan desain the randomized pretest-posttest control group design. Data dalam penelitian ini berupa data gain. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran kontekstual tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Akan tetapi, peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran kontekstual lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Kata kunci: efektivitas, komunikasi matematis, pembelajaran kontekstual.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Q Science (General) > QA Mathematics
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: 21462171 . Digilib
Date Deposited: 13 Jul 2017 06:48
Last Modified: 13 Jul 2017 06:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27231

Actions (login required)

View Item View Item