DHES RETNO PUTRI, 1313023013 (2017) PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (94Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (5Mb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (5Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian dengan One Group Pretest-Posttest Design ini bertujuan mendeskripsikan kepraktisan, keefektivan, dan ukuran pengaruh (effect size) model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan kemampuan efikasi diri dan penguasaan konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X.1 dan X.5 SMA Negeri 16 Bandar Lampung dengan teknik pengambilan sampel yaitu cluster random sampling. Kepraktisan diukur berdasarkan keterlaksanaan RPP dan respon siswa. Keefektivan diukur melalui peningkatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa selama proses pembelajaran, kemampuan efikasi diri, dan penguasaan konsep siswa. Ukuran pengaruh (effect size) diukur setelah melakukan uji normalitas dan uji-t perbedaan pretes postes diperoleh ukuran pengaruh (effect size) dari pembelajaran discovery learning terhadap efikasi diri dan penguasaan konsep siswa. Kemampuan efikasi diri ditunjukkan dengan angket dan kemampuan penguasaan konsep diperoleh dari nilai n-Gain. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran discovery learning memiliki kepraktisan dalam meningkatkan kemampuan efikasi diri dan penguasaan konsep siswa dengan kriteria sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan keterlaksanaan model pembelajaran discovery learning yang memiliki kriteria sangat tinggi dan respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran yang memiliki kriteria sangat tinggi. Hasil penelitian juga menunjukkan model pembelajaran discovery learning efektif dalam meningkatkan kemampuan efikasi diri dan penguasaan konsep siswa dengan kriteria sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran memiliki kriteria sangat tinggi, aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran memiliki kriteria sangat tinggi, kemampuan efikasi diri meningkat dari kriteria tinggi menjadi sangat tinggi, dan kemampuan penguasaan konsep siswa memiliki kriteria sedang. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan discovery learning memiliki ukuran pengaruh yang besar dalam meningkatkan kemampuan efikasi diri dan penguasaan konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Kata kunci : discovery learning, efikasi diri, penguasaan konsep, kepraktisan, keefektivan, dan ukuran pengaruh, effect size
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 63802396 . Digilib |
Date Deposited: | 19 Jul 2017 01:49 |
Terakhir diubah: | 19 Jul 2017 01:49 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27293 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |