PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 10 METRO TIMUR

MERNA SAFITRI , 1313053098 (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 10 METRO TIMUR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3271Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2835Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe card sort terhadap hasil belajar IPS. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Non-Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 10 Metro Timur berjumlah 41 siswa dengan kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, angket dan lembar observasi. Analisis data menggunakan Independent Sampel t-test dengan bantuan program SPSS 23.0. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai sig. (2-tailed) kurang dari taraf signifikansi sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara strategi pembelajaran aktif tipe card sort terhadap hasil belajar IPS siswa. Kata kunci: Strategi pembelajaran aktif, card sort, hasil belajar, IPS.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 58609542 . Digilib
Date Deposited: 19 Jul 2017 08:39
Last Modified: 19 Jul 2017 08:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27319

Actions (login required)

View Item View Item