PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SNOWBALL THROWING DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MEMPERHATIKAN GAYA BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 SUNGKAI UTARA 2016/2017

JULIAN EKA SAPUTRA, 1113031041 (2017) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SNOWBALL THROWING DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MEMPERHATIKAN GAYA BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 SUNGKAI UTARA 2016/2017. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1964Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1417Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkanhasil belajar antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwingdan Numbered Head Togehther dengan memperhatikan gaya belajar siswa. Metode yang digunakan pada penelittian ini adalah eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Desain penelitian yang digunakan design factorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 7 kelas dan sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang ditentukan melalui cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Pengujian hipotesis menggunakan analisis varians dua jalan dan t-test dua sampel independen.Hasil penelitian menunjukkan. (1) Ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together ada mata pelajaran ekonomi. (2) Ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki gaya belajar visual dan siswa yang memiliki gaya belajar auditorial pada mata pelajaran ekonomi. (3) Ada interaksi antara penggunaaan model pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. (4) Hasil belajar yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe Snowball Throwing lebih efektif dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together bagi siswa yang memiliki gaya belajar visual pada mata pelajaran ekonomi. (5) Hasil belajar yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran numbered head together lebih efektif dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran snowball throwing bagi siswa yang memiliki gaya belajar auditorial pada mata pelajaran ekonomi. (6) Ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang gaya belajarnya visual lebih baik dibandingkan dengan yang gaya belajar auditorial yang menggunakan model Pembelajaran Snowball Throwing pada mata pelajaran ekonomi. (7) Ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang gaya belajarnya auditorial lebih baik dibandingkan dengan yang gaya belajar visual dalam penggunaan model pembelajaran numbered Head Together pada mata pelajaran ekonomi. Kata kunci: gaya belajar, hasil belajar, snowball throwing, nubered head together (NHT).

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HB Economic Theory
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: 92515078 . Digilib
Date Deposited: 25 Jul 2017 08:36
Terakhir diubah: 25 Jul 2017 08:36
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27445

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir