PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS ANTARA SISWA YANG PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MEANS-ENDS ANALYSIS DAN ROTATING TRIO EXCHANGE DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN ADVERSITAS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X MAN 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

DEFIKA PUTRI NASTITI, 1313031021 (2017) PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS ANTARA SISWA YANG PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MEANS-ENDS ANALYSIS DAN ROTATING TRIO EXCHANGE DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN ADVERSITAS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X MAN 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (86Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (10Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (10Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemempuan berpikir analitis siswa dalam mata pelajaran ekonomi kelas X MAN 1 Bandar Lampung Semester Genap. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan mana yang lebih baik antara model pembelajaran Means-Ends Analysis dan model pembelajaran Rotating Trio Exchange untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa dengan memperhatikan kecerdasan adversitas pada mata pelajaran ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 170 siswa. Sampel yang diperoleh adalah 88 siswa dengan teknik pengambilan sampling penelitian ini adalah teknik cluster random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan t-test dua sampel independen. Berdasarkan analisitis data diperoleh hasil: (1) ada perbedaan kemampuan berpikir analitis antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Means-Ends Analysis dengan yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Rotating Trio Exchange pada mata pelajaran ekonomi, (2) kemampuan berpikir analitis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Means-Ends Analysis lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran Rotating Trio Exchange bagi siswa yang memiliki kecerdasan adversitas tinggi pada mata pelajaran ekonomi, (3) kemampuan berpikir analitis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Rotating Trio Exchange lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran Means-Ends Analysis bagi siswa yang memiliki kecerdasan adversitas rendah pada mata pelajaran ekonomi, (4) ada interaksi antara penggunaan model pembelajaran dengan kecerdasan adversitas terhadap kemampuan berpikir analitis. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Analitis, Kecerdasan Adversitas, Rotating Trio Exchange, Means-Ends Analysis

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> Karya Karya Umum = 000 > Knowledge/Ilmu Pengetahuan > Theory of Knowledge/Teori Ilmu Pengetahuan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: 11197785 . Digilib
Date Deposited: 31 Jul 2017 02:32
Terakhir diubah: 31 Jul 2017 02:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27620

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir