PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KOGNITIF BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

APRIYANI NURTIKA, 1213023007 (2017) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KOGNITIF BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (738Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1571Kb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen kognitif berbasis keterampilan proses sains pada materi larutan elektrolit dan non elek¬trolit, mendeskripsikan tanggapan guru mengenai instrumen yang dikembangkan, dan mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dan kendala dalam pe¬nyu¬sunan in-strumen yang dikembangkan. Desain penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang terdiri dari sepuluh tahap, namun dalam penelitian ini dilakukan hanya sampai lima tahap yaitu revisi hasil uji coba produk yang dikembangkan. Hasil pengembangan ini mengukur keteram¬pilan proses sains dasar yaitu mengobservasi, menginferensi, memprediksi, mengklasifikasi¬kan, dan meng¬komunikasikan. Hasil validasi ahli terhadap instrumen asesmen kognitif yang dikembangkan menunjukkan persentase aspek kesesuaian isi materi dengan KI dan KD sebesar 89,2%, keterbacaan 84,6%, dan konstruksi 96% dengan kriteria sangat tinggi. Hasil tanggapan didapatkan persentase aspek kese¬suaian isi materi dengan KI dan KD sebesar 90,2%, keterbacaan 89,2%, dan konstruksi 86,67% dengan kriteria sangat tinggi. Kesimpulan penelitian ini adalah instrumen ases¬men kognitif berbasis kete¬ram¬¬pilan proses sains pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit yang dikem¬bangkan dinyatakan valid dan layak digunakan. Kata kunci : intrumen asesmen kognitif, keterampilan proses sains, larutan elektrolit dan non elektrolit

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 44760418 . Digilib
Date Deposited: 02 Aug 2017 07:35
Last Modified: 02 Aug 2017 07:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27681

Actions (login required)

View Item View Item