APRIYANI NURTIKA, 1213023007 (2017) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KOGNITIF BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (738Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1571Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen kognitif berbasis keterampilan proses sains pada materi larutan elektrolit dan non elek¬trolit, mendeskripsikan tanggapan guru mengenai instrumen yang dikembangkan, dan mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dan kendala dalam pe¬nyu¬sunan in-strumen yang dikembangkan. Desain penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang terdiri dari sepuluh tahap, namun dalam penelitian ini dilakukan hanya sampai lima tahap yaitu revisi hasil uji coba produk yang dikembangkan. Hasil pengembangan ini mengukur keteram¬pilan proses sains dasar yaitu mengobservasi, menginferensi, memprediksi, mengklasifikasi¬kan, dan meng¬komunikasikan. Hasil validasi ahli terhadap instrumen asesmen kognitif yang dikembangkan menunjukkan persentase aspek kesesuaian isi materi dengan KI dan KD sebesar 89,2%, keterbacaan 84,6%, dan konstruksi 96% dengan kriteria sangat tinggi. Hasil tanggapan didapatkan persentase aspek kese¬suaian isi materi dengan KI dan KD sebesar 90,2%, keterbacaan 89,2%, dan konstruksi 86,67% dengan kriteria sangat tinggi. Kesimpulan penelitian ini adalah instrumen ases¬men kognitif berbasis kete¬ram¬¬pilan proses sains pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit yang dikem¬bangkan dinyatakan valid dan layak digunakan. Kata kunci : intrumen asesmen kognitif, keterampilan proses sains, larutan elektrolit dan non elektrolit
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QD Chemistry |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 44760418 . Digilib |
Date Deposited: | 02 Aug 2017 07:35 |
Terakhir diubah: | 02 Aug 2017 07:35 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27681 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |