PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 2 WAY HUWI

DWI RENI OKTA RIANI, 1313053043 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 2 WAY HUWI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (902Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1361Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar khususnya pada mata pelajaran IPS yang dilihat dari masih banyaknya siswa yang belum tuntas, sehingga hasil belajar siswa kelas IVA 31,81 % atau sekitar 7 orang siswa mencapai nilai ketuntasan belajar kemudian kelas IVB 40% atau sekitar 8 orang siswa mencapai nilai ketuntasan belajar berdasarkan KKM yang telah di tentukan yaitu 67. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri 2 Way Huwi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Alat pengumpul data berupa soal pilihan jamak yang sebelumnya telah diujikan dimana dianalisis dengan validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data berupa kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas kontrol adalah 70,67 sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 76,55. Berdasarkan hasil pehitungan uji hipotesis menunjukan nilai sig (2-tailed) 0,003, (0,003 < 0,05) sehingga H0 ditolak. Dari perhitungan tersebut dapat diperoleh bahwa model pembelajaran tutor sebaya dapat mempengaruhi hasil belajar siswa sebesar 3% sedangkan sisanya 97% dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Kata kunci: hasil belajar, IPS, tutor sebaya.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 8132946 . Digilib
Date Deposited: 02 Aug 2017 07:30
Terakhir diubah: 02 Aug 2017 07:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27682

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir