GAYA BAHASA PADA LIRIK LAGU DALAM ALBUM GAJAH KARYA TULUS DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

RIDHA ADILLA AR ., 1113041055 (2017) GAYA BAHASA PADA LIRIK LAGU DALAM ALBUM GAJAH KARYA TULUS DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1699Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1140Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK GAYA BAHASA PADA LIRIK LAGU DALAM ALBUM GAJAH KARYA TULUS DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA Oleh RIDHA ADILLA AR . Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan makna lirik lagu serta gaya bahasa retoris dan gaya bahasa kias an yang terdapat dalam album Gajah karya Tulus serta implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMA. p enelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah lirik lagu yang terdapat dalam album Gajah karya Tulus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian data adalah teknik sampling purposive (acak). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kumpulan lirik lagu yang terdapat dalam album Gajah karya Tulus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna yang ter dapat pada kumpulan lirik lagu ini adalah tentang keberhasilan aku lirik menghadapi ejekan sewaktu kecil, karma yang didapat seseorang karena hasil perbuatannya, kisah cinta yang tak mungkin bersatu, sindiran - sindiran halus kepada manusia yang seakan memil iki kuasa lebih dari Tuhan - nya, tentang menikmati hari libur untuk diri sendiri, berbesar hati atas semua ejekan dan olokan teman - teman sewaktu kecil, membangkitkan rasa percaya diri, rasa cinta terhadap keluarga walau dalam keadaan serba kekurangan, dan t entang cinta yang saling memberi dan terus berusaha. Selanjutnya, g aya bahasa dalam album Gajah karya Tulus adalah gaya Ridha Adilla AR . bahasa retoris meliputi asonansi, anastrof, elipsis, eufemisme, litotes, oksimoron, polisindeton, perifrasis, prolepsis dan paradoks, se rta gaya bahasa kiasan meliputi persamaan/simile, metafora, alegori, epitet, metonimia, hipalase, ironi/ sinisme/ sarkasme, dan satire. Kajian a nalisis gaya bahasa ini dapat digunakan sebagai tambahan materi pembelajaran mata pelajaran bahasa Indonesi a di SMA, khusus siswa kelas X dalam pembelajaran Kurikulum 2013 dengan KD 4.8 m engaplikasikan komponen - komponen puisi. Kata kunci: Gaya Bahasa, Makna, Pembelajaran

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> P Philology. Linguistics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 61223281 . Digilib
Date Deposited: 07 Aug 2017 04:02
Terakhir diubah: 07 Aug 2017 04:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27761

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir