CITRA TOKOH PEREMPUAN JAWA DALAM NOVEL SUTI KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

STEFFI CAHYA HARTAMA , 1313041086 (2017) CITRA TOKOH PEREMPUAN JAWA DALAM NOVEL SUTI KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1022Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (895Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan citra tokoh perempuan Jawa dalam novel Suti karya Sapardi Djoko Damono dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah novel Suti karya Sapardi Djoko Damono. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis teks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tokoh Suti, sebagai seorang perempuan Jawa memiliki citra yang meliputi citra tokoh sebagai istri yang berani melawan suami, sebagai wanita yang penuh kasih sayang, sebagai wanita yang penurut, sebagai anak yang pasrah terhadap keputusan orang tua, dan sebagai pekerja yang bertanggung jawab. Tokoh Bu Sastro, sebagai perempuan Jawa memiliki citra yang meliputi citra tokoh sebagai istri yang penuh kasih sayang, sebagai istri yang tanggap terhadap simpati, sebagai istri yang peduli kepada suami, dan sebagai istri yang menghargai suami. Tokoh Parni, sebagai perempuan Jawa memiliki citra yang meliputi citra tokoh sebagai perempuan yang keras kepala dan citra tokoh sebagai perempuan yang tidak masuk dalam kuasa laki-laki. Penelitian ini diimplikasikan pada pembelajaran SMA kelas XII semester 2 KD Menganalisis isi novel. Kata kunci: citra tokoh, implikasi, novel, perempuan Jawa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 36502709 . Digilib
Date Deposited: 07 Aug 2017 07:56
Terakhir diubah: 07 Aug 2017 07:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27780

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir