Asrullah, LULU DAMAYANTI (2013) EFEKTIVITAS MODEL SBEI PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGINDUKSI DAN MEMPERTIMBANGKAN HASIL INDUKSI. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
4. COVER DALAM.pdf - Published Version Download (100Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (208Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. PERYATAAN.pdf - Published Version Download (184Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (91Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (167Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (211Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (227Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (325Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (87Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (12Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (4Mb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model Siklus Belajar Empiris Induktif (SBEI) pada materi asam basa dalam meningkatkan keteram-pilan menginduksi dan mempertimbangkan hasil induksi. Model pembelajaran ini terdiri dari tiga fase, yaitu fase eksplorasi, fase pengenalan konsep dan fase aplikasi konsep. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Populasi peneliti-an ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 3 Kotabumi. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Efektivitas model SBEI diukur berdasarkan perbedaan rata- rata nilai n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai n-Gain keterampilan menginduksi dan mempertimbangkan hasil induksi untuk kelas kontrol dan eksperimen Lulu Damayanti masing masing 0,38 dan 0,61. Berdasarkan uji perbedaan dua rata-rata, diketa-hui bahwa kelas eksperimen dengan model SBEI memiliki keterampilan meng-induksi dan mempertimbangkan hasil induksi yang lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa model SBEI efektif untuk meningkatkan keterampilan menginduksi dan mempertim-bangkan hasil induksi. Kata kunci : Model SBEI, keterampilan menginduksi dan mempertimbangkan hasil induksi.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > QD Chemistry |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 09 Jan 2014 01:40 |
Terakhir diubah: | 09 Jan 2014 01:40 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/278 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |