EFEKTIVITAS MODEL SBEI PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGINDUKSI DAN MEMPERTIMBANGKAN HASIL INDUKSI

Asrullah, LULU DAMAYANTI (2013) EFEKTIVITAS MODEL SBEI PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGINDUKSI DAN MEMPERTIMBANGKAN HASIL INDUKSI. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
4. COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (100Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (208Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. PERYATAAN.pdf - Published Version

Download (184Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (167Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (211Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (227Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (325Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (4Mb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model Siklus Belajar Empiris Induktif (SBEI) pada materi asam basa dalam meningkatkan keteram-pilan menginduksi dan mempertimbangkan hasil induksi. Model pembelajaran ini terdiri dari tiga fase, yaitu fase eksplorasi, fase pengenalan konsep dan fase aplikasi konsep. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Populasi peneliti-an ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 3 Kotabumi. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Efektivitas model SBEI diukur berdasarkan perbedaan rata- rata nilai n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai n-Gain keterampilan menginduksi dan mempertimbangkan hasil induksi untuk kelas kontrol dan eksperimen Lulu Damayanti masing masing 0,38 dan 0,61. Berdasarkan uji perbedaan dua rata-rata, diketa-hui bahwa kelas eksperimen dengan model SBEI memiliki keterampilan meng-induksi dan mempertimbangkan hasil induksi yang lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa model SBEI efektif untuk meningkatkan keterampilan menginduksi dan mempertim-bangkan hasil induksi. Kata kunci : Model SBEI, keterampilan menginduksi dan mempertimbangkan hasil induksi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 09 Jan 2014 01:40
Terakhir diubah: 09 Jan 2014 01:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/278

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir