EFEKTIVITAS MODEL SBEI PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGINDUKSI DAN MEMPERTIMBANGKAN HASIL INDUKSI

Asrullah, LULU DAMAYANTI (2013) EFEKTIVITAS MODEL SBEI PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGINDUKSI DAN MEMPERTIMBANGKAN HASIL INDUKSI. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
4. COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (100Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
3. PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (208Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
6. PERYATAAN.pdf - Published Version

Download (184Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (167Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (211Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (227Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (325Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (4Mb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model Siklus Belajar Empiris Induktif (SBEI) pada materi asam basa dalam meningkatkan keteram-pilan menginduksi dan mempertimbangkan hasil induksi. Model pembelajaran ini terdiri dari tiga fase, yaitu fase eksplorasi, fase pengenalan konsep dan fase aplikasi konsep. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Populasi peneliti-an ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 3 Kotabumi. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Efektivitas model SBEI diukur berdasarkan perbedaan rata- rata nilai n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai n-Gain keterampilan menginduksi dan mempertimbangkan hasil induksi untuk kelas kontrol dan eksperimen Lulu Damayanti masing masing 0,38 dan 0,61. Berdasarkan uji perbedaan dua rata-rata, diketa-hui bahwa kelas eksperimen dengan model SBEI memiliki keterampilan meng-induksi dan mempertimbangkan hasil induksi yang lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa model SBEI efektif untuk meningkatkan keterampilan menginduksi dan mempertim-bangkan hasil induksi. Kata kunci : Model SBEI, keterampilan menginduksi dan mempertimbangkan hasil induksi.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 09 Jan 2014 01:40
Last Modified: 09 Jan 2014 01:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/278

Actions (login required)

View Item View Item