PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS KINERJA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Maria Desi Kurniawaty, 1523053001 (2017) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS KINERJA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (152Kb) | Preview
[img] Text
TESIS FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4Mb)
[img]
Preview
Text
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4049Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektivan instrumen penilaian berbasis kinerja pada pembelajaran tematik siswa kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) oleh Borg & Gall. Populasi pada penelitian ini siswa kelas IV sebanyak 228 orang di Gugus Cengkih Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster sampling sebanyak 25 siswa kelas IVB SD Negeri Bumi Agung dan 32 siswa kelas IV SD Negeri Sumur Kumbang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket analisis kebutuhan, angket validasi ahli, lembar pengamatan kinerja siswa, dan angket respon guru. Data dianalisis menggunakan rumus Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap item pada instrumen penilaian berbasis kinerja pada pembelajaran tematik siswa kelas IV Sekolah Dasar yang telah divalidasi oleh tim ahli dinyatakan layak digunakan untuk mengukur aspek psikomotorik atau keterampilan siswa dan produk instrumen penilaian berbasis kinerja efektif memiliki tingkat reliabilitas yang sangat tinggi. Kata kunci: instrumen penilaian kinerja, pembelajaran tematik, sekolah dasar

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Depositing User: 97396378 . Digilib
Date Deposited: 08 Aug 2017 07:59
Last Modified: 08 Aug 2017 07:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27812

Actions (login required)

View Item View Item