Ardika Kuntadi, 1013033024 (2017) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INSTRUKSI BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMK NEGERI 1 RAWA JITU SELATAN TAHUN AJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1469Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1033Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INSTRUKSI BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMK NEGERI 1 RAWA JITU SELATAN TAHUN AJARAN 2015/2016 Oleh : Ardika Kuntadi Mutu pembelajaran tidak terlepas dari minat belajar siswanya, sehingga faktor siswa yang diperlukan dalam memajukan pembelajaran dalam usaha meningkatkan mutu pembelajaran adalah mina belajarnya, oleh sebab itu dalam keseluruhan pembelajaran di sekolah salah satunya dapat dilihat dari minat belajarnya. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar adalah metode pembelajaran instruksi berbasi masalah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah penerapan metode instruksi berbasis masalah dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI di SMK Negeri 1 Rawa Jitu Selatan?”. Tujuan penelitian ini adalah “ untuk mengetahui penerapan metode instruksi berbasis masalah dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI di SMK Negeri 1 Rawa Jitu Selatan. Penelitian menggunakan desain penelitian One shoot case study. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil pengamatan menggunakan lembar observer pada proses pembelajaran menggunakan metode instruksi berbasis masalah adalah 19 siswa dengan hasil tinggi. Sedangkan data angket yaitu 19 anak yang mendapat skor tinggi di berikan treatmen metode instruksi berbasis masalah. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa penerapan metode pembelajaran instruksi berbasis masalah dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI SMK Negeri 1 Rawa Jitu Selatan. Kata kunci : instruksi berbasis masalah, minat belajar sejarah.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > D History (General) > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS |
Pengguna Deposit: | 2560924 . Digilib |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 08:01 |
Terakhir diubah: | 10 Aug 2017 08:01 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27881 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |