PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INSTRUKSI BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMK NEGERI 1 RAWA JITU SELATAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Ardika Kuntadi, 1013033024 (2017) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INSTRUKSI BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMK NEGERI 1 RAWA JITU SELATAN TAHUN AJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1469Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1033Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INSTRUKSI BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMK NEGERI 1 RAWA JITU SELATAN TAHUN AJARAN 2015/2016 Oleh : Ardika Kuntadi Mutu pembelajaran tidak terlepas dari minat belajar siswanya, sehingga faktor siswa yang diperlukan dalam memajukan pembelajaran dalam usaha meningkatkan mutu pembelajaran adalah mina belajarnya, oleh sebab itu dalam keseluruhan pembelajaran di sekolah salah satunya dapat dilihat dari minat belajarnya. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar adalah metode pembelajaran instruksi berbasi masalah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah penerapan metode instruksi berbasis masalah dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI di SMK Negeri 1 Rawa Jitu Selatan?”. Tujuan penelitian ini adalah “ untuk mengetahui penerapan metode instruksi berbasis masalah dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI di SMK Negeri 1 Rawa Jitu Selatan. Penelitian menggunakan desain penelitian One shoot case study. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil pengamatan menggunakan lembar observer pada proses pembelajaran menggunakan metode instruksi berbasis masalah adalah 19 siswa dengan hasil tinggi. Sedangkan data angket yaitu 19 anak yang mendapat skor tinggi di berikan treatmen metode instruksi berbasis masalah. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa penerapan metode pembelajaran instruksi berbasis masalah dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI SMK Negeri 1 Rawa Jitu Selatan. Kata kunci : instruksi berbasis masalah, minat belajar sejarah.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > D History (General)
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 2560924 . Digilib
Date Deposited: 10 Aug 2017 08:01
Terakhir diubah: 10 Aug 2017 08:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27881

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir