PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING DENGAN SCHOOLOGY DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Ria Purwaningsih, 1313022059 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING DENGAN SCHOOLOGY DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (7Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (6Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penggunaan media elektronik dan internet menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia yang semakin maju, sehingga hal tersebut sangat mendukung adanya pembelajaran online (e-Learning dengan schoology) yang terintegrasi dengan pertemuan tatap muka yang lebih dikenal dengan pembelajaran blended learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan e-Learning dengan schoology terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 yang memiliki kemampuan awal yang relatif sama sehingga digunakan teknik purposive sampling. Medote penelitian eksperimen ini menggunakan quasi experimental design dengan jenis nonequivalen control group design. Kedua kelas mendapat treatment pembelajaran blended learning dan tatap muka dengan intensitas yang sama. Hasil penelitian uji independet sample t-test memiliki nilai asym. sig. 0,005 yang lebih kecil dari 0,050 maka terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik ranah kognitif dan psikomotorik yang signifikan antara pembelajaran blended learning dan pembelajaran tatap muka. Rata-rata nilai N-gain ranah kognitif sebesar 0,70 dan 0,58. Kemudian melalui metode CRI diketahui bahwa pemahaman konsep peserta didik sebagian besar terdistribusi pada tingkat pemahaman konsep benar (paham konsep), yaitu sebesar 71,40%; sedangkan sisanya tingkat pemahaman konsep lemah 7,05%; beruntung 6,73%; dan miskonsepsi 14,82%. Sementara itu, keterampilan psikomotorik peserta didik mengalami peningkatan dari rata-rata hasil soal uraian 15,00 menjadi 84,38 dengan rata-rata nilai N-gain sebesar 0,82 (kategori tinggi) dan kinerja praktikum sebesar 83,85 dengan predikat baik, peserta didik menampilkan kinerja yang baik dan menunjukkan peningkatan secara umum. Dapat ditarik simpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan e-Learning dengan schoology dalam pembelajaran fisika pada materi Momentum dan Impuls terhadap hasil belajar peserta didik. Kata kunci: Blended Learning, E-Learning, Momentum dan Impuls, Schoology

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 50653884 . Digilib
Date Deposited: 15 Aug 2017 07:44
Terakhir diubah: 15 Aug 2017 07:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27928

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir